SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PLOSO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik

03 Juli 2023 19:26:50  Administrator  69 Kali Dibaca  Berita Desa

Ploso.desa.id Dalam rangka mengurangi penggunaan pupuk kimia bagi tanaman, Pemerintah Desa Ploso bekerja sama dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Kendal melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Ploso pada hari Senin (03/07) kemarin. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh anggota Kelompok Tani Desa Ploso yang ada di lima dusun.

Rangkaian kegiatan pelatihan dimulai dengan sosialisasi mengenai pertanian ramah lingkungan, dilanjutkan dengan pengenalan alat serta bahan bahan pembuatan pupuk cair dan acara inti yaitu praktek pembuatan pupuk cair organik yang dipandu langsung oleh tim BPP Kecamatan Kendal.

Alat dan bahan bahan yang digunakan untuk membuat pupuk cair organik ini pun sangat mudah ditemukan di sekitar masyarakat seperti bonggol pisang, urine kelinci, air kelapa, tretes tebu, bawang merah, daun kelor, jahe, lengkuas, kunyit serta air cucian beras. Karena mudahnya bahan baku yang ditemukan disekitar  diharapkan kelompok tani Desa Ploso dapat mempraktekan sendiri seusai pelatihan ini. Selain itu dengan adanya pupuk cair organik ini dapat meminimalisir atau mengurangi penggunaan pupuk kimia yang dapat menurunkan kualitas tanah.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next