SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PLOSO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pelatihan Pembuatan Sofa Dari Botol Bekas dan Kain Perca Oleh Ibu Ibu PKK Desa Ploso

25 November 2023 19:46:06  Administrator  74 Kali Dibaca  Berita Desa

Ploso.desa.id (25/11) Ibu ibu PKK Desa Ploso berkesempatan belajar dan mengikuti praktik membuat bangku sofa dari botol plastik bekas dan kain perca yang disampaikan oleh narasumber dari Sapu Jagad Magetan. Kegiatan praktik pembuatan bangku sofa ecobrick dari sampah plastik tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam Pelatihan Daur Ulang Sampah sebagai salah satu bentuk upaya pemberdayaan ibu ibu PKK Desa Ploso.

Kegiatan berlangsung pada pukul 14.00 WIB bertempat di Aula Kantor Desa Ploso. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi dan mengenalkan alat serta bahan yang akan digunakan untuk membuat sofa dari botol plastik bekas dan kain perca yang disampaikan oleh narasumber Bapak Yuli dari Sapu Jagad Magetan. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan sofa oleh ibu ibu PKK didampingi oleh narasumber dari Sapu Jagad Magetan.

Proses pembuatannya pun tergolong cukup mudah, pertama isi botol plastik dengan kain perca hingga penuh lalu susun beberapa botol plastik membentuk lingkaran kemudian satukan dengan isolasi agar tidak berubah bentuk. Selanjutnya Pasang triplek pada bagian atas dan bawah botol, rapatkan dengan isolasi. Lalu beri kain perca pada bagian atas dan lapisi dengan busa gulung pada sisi atas dan sisi sampin kemudian isolasi. Berikutnya lapisi bagian luar sofa dengan lapisan kulit sintetis agar kursi terlihat cantik, terakhir pasang keempat kaki kaki sebagai penyangga kursi. Untuk pembuatan meja kurang lebih sama dengan pembuatan kursi hanya saja membutuhkan lebih banyak botol bekas.

Dengan program tersebut, diharapkan botol plastik bekas bisa memiliki nilai jual lebih sekaligus dapat menjadi sarana usaha dan menambah pemasukan pendapatan bagi ibu ibu PKK Desa Ploso.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next