SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PLOSO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI

Artikel

PELATIHAN PERTANIAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIAK CAIR (POC) DAN BUBUR CALIFORNIA

12 Juni 2024 20:14:03  Administrator  88 Kali Dibaca  Berita Desa

Ploso.desa.id Rabu, 12 Juni 2024 Pemerintah Desa Ploso mengadakan Pelatihan Pertanian "Pembuatan Pupuk Cair (POC) dan Bubur California" bersama Kelompok Tani Desa Ploso. Pelatihan tersebut bertempat di kediaman Bapak Sukamto selaku Kasun Dusun Gilis dan dihadiri oleh Narasumber dari Tim BPP Kecamatan Kendal, Bapak Babinsa Desa Ploso, Bapak Bhabinkamtibmas Desa Ploso, Perangkat Desa Ploso serta peserta pelatihan yakni Perwakilan Ketua dan anggota Kelompok Tani dari masing-masing Dusun di Desa Ploso.

Acara dibuka dengan Sambutan Ibu Kepala Desa Ploso Hermawati kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sebelum praktek yang disampaikan oleh Siswanto selaku narasumber dari BPP Kecamatan Kendal. Siswanto menyampaikan kepada para peserta pelatihan agar memulai merubah cara bertani mereka yaitu dengan menggunakan pestisida maupun pupuk yang terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satu tujuan penerapan sistem pertanian ramah lingkungan adalah agar generasi mendatang mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh produktivitas dan manfaat dari sumber daya lahan sebagaimana dicapai saat ini. 

Setelah penyampaian materi dan pengenalan alat dan bahan untuk pembuatan pupuk organik cair (POC) dan Bubur California tiba saatnya peserta mempraktekannya bersama sama dipandu oleh tim BPP Kecamatan Kendal. Praktek yang pertama yaitu proses pembuatan pupuk organik cair (POC). Dalam praktiknya, POC dibuat menggunakan alat dan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita. Pemanfaatan buah buahan busuk, air leri,tetes tebu dan air kelapa yang dapat diolah menjadi pupuk dan pestisida nabati yang bermanfaat bagi tanaman petani.

Selanjutnya praktek pembuatan Bubur California. Bahan-bahan untuk membuat Bubur California yaitu belerang, kapur dan air dengan perbandingan 1 : 2 : 10. Cara Pembuatan : Air direbus sampai mendidih, setelah mendidih masukkan belerang dan kapur. Diaduk sampai warna berubah menjadi coklat kemerahan. Diamkan sampai dingin dan terpisah antara cairan dan endapan. Cairan diambil untuk digunakan sebagai fungisida, dengan dosis 1 gelas (200ml) dicampurkan kedalam 1 tanki air bersih. Semprotkan ke tanaman yg terserang jamur dengan nozzle mengabut.

Diharapkan dalam kegiatan ini petani dapat menerapkan serta memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Dengan adanya POC bisa meminimalisir atau mengurai Penggunaan pupuk kimia. 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Kendal - Magetan KM. 03
Desa : Ploso
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : desaploso3@gmail.com