SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PLOSO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pelatihan Tanggap Bencana Desa Ploso

05 Juli 2023 11:26:23  Administrator  89 Kali Dibaca  Berita Desa

Ploso.desa.id Rabu, (05/07/2023) Pemerintah Desa Ploso mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana yang bertempat di Kantor Desa Ploso. Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Ploso yakni Ibu Hermawati dan bekerjasama dengan Kasatgas Pol PP Kecamatan Kendal Bapak Eko serta Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi.

Pelatihan Tanggap Bencana ini diikuti oleh relawan bencana Desa Ploso yang tersebar di lima dusun di Desa Ploso. Turut dihadiri juga Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Ploso serta Pendamping Desa Ploso.

Materi pertama disampaikan oleh Kasatgas Pol PP Kecamatan Kendal Bapak Eko yakni tentang Tanggap Darurat Kebakaran. Dilanjutkan materi yang disampaikan oleh narasumber dari petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi tentang pelatihan memadamkan api dengan hydrant dan alat alat lainnya yang dapat ditemukan di sekitar masyarakat. Setelah materi dalam ruangan selesai dilanjutkan praktek di luar lapangan untuk mempraktekkan materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Pertama dicontohkan oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi untuk memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat berupa karung goni yang telah dibasahi oleh air dan yang kedua menggunakan hydrant. Selanjutnya para peserta satu per satu mempraktekkan apa yang sudah dicontohkan oleh petugas dan tetap dalam pengawasan dari petugas Pemadam Kebakaran.

Dengan adanya pelatihan tanggap bencana khususnya kebakaran ini para relawan bencana Desa Ploso diharapkan dapat mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya dan bagaimana cara pencegahan serta penanggulangannya.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Kendal - Magetan KM. 03
Desa : Ploso
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : desaploso3@gmail.com